Tutorial : Creating A Simple Animation With PhotoScape

Tutorial : Membuat Animasi Sederhana Menggunakan PhotoScape

Mungkin kita terkadang ingin membuat gambar bergerak menggunakan komputer, dan pasti yang pertama kali terbersit dalam pikiran kita adalah SULIT. Yah, aku tidak menyangkalnya, aku masih menganggapnya sulit. Aku menemukan cara ini -terinspirasi juga- dari Blog of A Wimpy Kid (thanks inspirasinya😉 ). Dulu ketika aku masih berada di bangku sekolah dasar, aku tahu bahwa animasi hanya bisa dibuat menggunakan Macromedia Flash. Oke, sekarang aku benar-benar jengkel kepada orang yang memberitahuku itu😡 . Ternyata, animasi dapat dibuat dari PhotoScape, meskipun tergolong sederhana.

Ingat ide dasarnya akan sebuah film? Merupakan dari banyak gambar yang disusun dan digerakkan. Yah, teori animasi ini juga seperti itu, setangkapku.

Baiklah, langsung saja :

1. Sediakan gambar-gambar yang akan kamu susun untuk menjadi animasi tersebut

2. Buka aplikasi PhotoScape, klik Animated GIF
3. Drop gambar-gambar yang akan dijadikan bahan animasi ke tulisan Drop your photo here.
4. Atur waktu per-frame (istilah untuk gambar di sini) jika mau dengan mengklik Change time.
5. Jika sudah selesai, klik Save.
USEFUL TIPS! Animasi dapat menjadi lambat dan tidak bergerak di beberapa tempat. Untuk itu, klik Ratio Size, dan jadikan 50%.
Gimana? Seru kan?😉
Maaf kalau gambar-gambarnya kurang bagus.
Aku sudah membuat 2 animasi, ini ada 1 yang kubagi, oke🙂

Leave a Reply

