Tips and Trick To Face Elementary School National Exam !

Halo halo !😉
Apa kabar ?? #sok sedap#

Uuoke , kita ke intinya ya .. !
Jadi , pada awal aku ngebuat blog ini , aku udah berniat , bahwa blog ini akan penjadi tempat pelampiasan atau penuangan ‘life-experience’-ku yang masih seupil , esalah , yang masih sedikit lah .. hehehe😆

Dan , yang akan aku bagi kali ini adalah , #jeng jeng jenggg !# , ..

TIPS AND TRICK TO FACE ELEMENTARY SCHOOL NATIONAL EXAM !

Yayayaya , walaupun aku itu belum ada 1 tahun lulus SD , tapi ngga apa-apa kan berbagi buat sesamaa ?😉 #sok sedap lagi#
Okeokeoke , kita mulai dari sini yakk , ..

TIPS AND TRICK TO FACE ELEMENTARY SCHOOL NATIONAL EXAM !
terjemahan lainnya Tips dan Trik Menghadapi Ujian Nasional Sekolah Dasar !

Ujian nasional ??
Apa kesan-kesanmu denger kata itu ?
Ndredek ? Bingung ? Khawatir ? Deg-degan ?

Nggak perlu !
Bukannya kita sombong , tapi anggep aja ujian nasional itu kayak syarat. Misal deh , kamu mau nonton Jebe atopun Bruno Mars , kalo enggak SuJu deh , apa misal Sm*sh , kalo enggak Vierra *yey!* , pokoknya band apadeh yang kamu suka , tapi gak dibolehin nonton sama ibumu sebelum kamu nyelesein tugas rumah tangga yang paaling kamu sebel , misal aja masak 10 resep ! Nah , anggep aja Ujian Nasional itu kayak ‘masak 10 resep’ , butuh latihan , konsentrasi , menguras tenaga juga , tapi kalau dijalani dengan sungguh-sungguh , hasilnya manis kan ??😉

Okeoke , kita mulai poin-poin pentingnya dulu ya .. :

  •  kita mulai dari Waktu Belajar ..

Waktu belajar seseorang itu tergantung orangnya sih , ada yang terbiasa belajar malem , ataupun pagi-pagi waktu fajar . Yang belajar sepulang sekolah biasanya juga ada . Waktu belajar itu memang penting , tapi jangan terlalu banyak maupun sedikit , kalo terlalu banyak nanti bisa kecapekan dan mengakibatkan kita nggak konsentrasi belajar , sedang kalau terlalu sedikit , seberapa banyak ilmu yang masuk ?? 

Bagusnya lagi , saat kita belajar , kenyamanan itu juga penting loo .. buatlah diri kita nyaman saat belajar , misal ngedengerin musik , kalau enggak disediain makanan ringan di deket kita , nanti kalau kita nyaman , pelajarannya lebih mudah masuk . Tapi jangan cuma makanannya loo ya yang masuk ! Hehehe😆

Yang jelas , waktu belajar itu tergantung kebiasaan orang itu dan juga kondisi kesehatannya , tetapi juga harus seimbang lhoo .. !

  • setelah itu ke Persiapan Semangat ..

Kenapa semangat harus disiapin ??
Apakah penting ?

Eitss .. jangan pernah remehin semangat lhoo yaa .. kalo enggak ada semangat , susah berhasil , percaya deh ! #bukannya aku nyumpahin gagal lhoo yaa🙂 #

Gini , semangat itu bener-bener penting dalam menjalani segala hal . Nah , kita butuh motivasi untuk menyemangati diri kita sendiri . Misal deh , sering-sering aja merenungi nilai kita yang bener-bener luar biasa dibawah target alias mepet , bayangin aja ” SMP mana yang bakal aku dapetin kalo nilaiku gini terus ?? ” . Nah itu bagus , kalau kita juga langsung berpikiran ” Ah , iya ! Aku harus mengejar nilai teman-temanku biar bisa mendapat SMP yang bagus ! ” . Nggak kerasa , itu juga udah jadi motivasi loo ..

Ada cara lain nih , coba , kamu tulis Ujian Nasional berapa hari lagi . Hari loo ya , bukan minggu atopun bulan . Jadi kaya countdown gitu lah .. pasang itu di tempat yang setiap hari kamu liat , pasti dalam dirimu ada yang berontak berubah sifat jadi semangat .. percaya deh !

Cara lain , pasang target nilai tinggi ! Buat nilai apa aja deh , pasang target yang tinggi-tinggi .. jangan lupa nyatet nilai-nilai tryoutmu , dan nanti itu bisa dijadiin pembanding ..

Trus juga coba cara ini , berkhayal , misalnya nih , kamu demeeen banget sama yang namanya buku . Dan di depan SMP yang kamu pengenin , ada toko buku terlengkap di kotamu . Seneng banget kan pastinya kalo kamu bisa masuk SMP itu dan mengunjungi toko buku itu setiap hari ?? Secara ngga sengaja , itu bakal ngebuat kamu terpicu semangatnya buat bisa masuk situ .. dengan kata lain , semangat belajarmu nambah !

Adalagi motivasi yang gak kalah dahsyat , yaitu motivasi ‘membuat bangga’ , hehehe😀
Cobalah berusaha membuat bangga seseorang , misal temenmu , gurumu , atau orangtuamu .. itu manjur deh🙂

Tambah lagi , ada motivasi yang bisa benar-benar memotivasi . Misal kamu punya saingan belajar di sekolah , dalam hati , berjanjilah kamu bakal ngalahin orang itu , berjanjilah kamu bisa lebih baik dari dia , dan aku yakin itu pasti berhasil !

Dan saran terakhir tentang ‘semangat’ ku , siapkan selembar HVS , tempel di meja belajarmu , dan disitu ada tulisan target-targetmu ! Misal nih , di bagian target , kamu tulis : NEM di atas 28,5 , Masuk SMP Favorit , Kalahkan rangking satu di sekolahku . Dan dibawahnya , kamu tulis kompensasi dari semua targetmu . Maksudnya , kamu rembugin dulu sama ortumu , kalau kamu bisa mencapai target itu , kamu minta dibeliin apa , misal apaa gitu , benda yang kamu senengin pokoknya . Dan secara ga sengaja juga , ini bisa memicu semangat belajarmu !

  •  kita lanjut ke Persiapan Materi ..

Yepp , ini sama sekali gak boleh diremehin .. ! Cara terbaik mempersiapkan materi Ujian Nasional adalah belajar secara teratur , banyak berlatih , dan banyak mencari sumber .

Belajar secara teratur itu maksudnya , kita mempelajari semua bab runtut , jangan ada yang terlewat . Sedang banyak berlatih itu , ngerjain latihan-latihan soal , simulasi ujian , dan sebagainya . Kalau mencari sumber itu maksudnya , misal ada suatu hal yang kamu enggak mudeng dan ragu-ragu , cari jawabannya di banyak tempat , misal di internet , kalau enggak di ensiklopedia , kalau enggak juga tanya guru , pokoknya yang aktif deh🙂 !

Juga nih ya , kalau kisi-kisi udah diberikan , pelajari kisi-kisi tersebut , cari materi dan soal yang sesuai , berlatih ! Kisi-kisi itu bener-bener ngebantu lhoo .. beneran deh , jadi jangan remehin kisi-kisi soal ! Banyak berlatih dan bertanya , itu kuncinya🙂

  •  lalu kita ke Persiapan Ujian ..

Yepp , ini paling penting jugak . Ujian harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya . Yaa seperti diatas tadi . Nah , kalau secara mendetail , hal-hal yang perlu disiapkan menjelang ujian itu banyak juga loo .. !

Pertama , secara doa. Sebenarnya nggak hanya saat mau ujian loo ya , tapi setiap saat . Sedang kalau ujian , kita harus beribadah dan berdoa ekstra , karena aku juga yakin kok , Tuhan itu Maha Mendengar dan pasti akan mengabulkan doa-doa hambanya🙂

Kedua , peralatan ujian . Kalau berupa LJK ( Lembar Jawab Komputer ) , siapkan beberapa pensil 2B ( disarankan lebih dari 3 yaa ) biar kalau misalnya putus enggak usah kelamaan meraut . Saat ujian , timing juga penting lhoo , apalagi mata pelajaran matematika . Juga penghapus yang bersih , biar enggak merusak LJK .

Ada suatu kisah , ini menimpa kakaknya temenku . Seharusnya , kalau lembar LJK Bahasa Indonesia-nya enggak kusut , nemnya bisa jadi 29,8-an , tetapi karena kusut , hanya mendapat 29-an , eman-eman banget kan ??😕

Nah , ini berdasarkan pengalaman yang belum pernah dibuktikan secara teori sama ilmuan loo ya , aku ngerasa , lebih baik sebelum ujian nasional itu kita keramas , karena kayaknya , setelah keramas tu kepala jadi enteeeng dan segeeer gitu lo . Besok deh coba buktiin😉

  • finally kita menuju ke Ujian Nasional nyaa .. # jengjengjengggg ! #

Ujian Nasional .
Nggak usah tegang lah , rileks aja ..
Berdoa sebelum memulai ujian ..
Anggap saja ini itu ulangan harian biasa lah , tapi juga yang serius , jangan main-main !
Kalau saat mengerjakan ada yang buntu alias mampet , berdoa , pasti bisa deh !
Oiya , jangan pernah nyontek ataupun berbuat curang yaa , karena sesungguhnya kebenaranlah yang akan menang😉

____________________________________________________ ..

Dan , begitulah saran-saranku , aku ngga ada niat ‘menggurui’ , aku cuma berusaha membantu aja , hehehe😆
Yaaa , ini berdasarkan pengalaman sih , tapi semoga berguna yaa ..
Oiya , yang mau tanya sama aku juga boleh loo , walaupun masih amatir , semoga bisa ngebantu ..
Semoga sukses Ujian Nasional temann🙂

Salam selalu,
Alima .

GoodLuck in your exams , friends🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s