Book Review – The Iron King by Julie Kagawa

The Iron King .
Secara keseluruhan : PECINTA GENRE FANTASI PENUH KHAYALAN , INI BUKUMU !

Menjadi populer di sekolah , mendapatkan sebongkah perhatian dan keistimewaan serta kemujuran , mungkin menjadi keinginan hampir setiap gadis berumur 16 tahun . Seperti halnya Meghan . Meghan Chase . Namun , karena keistimewaan itu , ia justru dihadapkan pada pilihan-pilihan yang mempertaruhkan nyawa orang-orang yang ia sayangi ..

Meghan Chase , seorang gadis sebuah SMA di kota terpencil yang harus menyesuaikan diri dengan kehidupannya yang membuatnya ia tak nyaman . Menghadapi kenyataan bahwa ia kehilangan seorang ayah yang secara ‘misterius’ menghilang ke dasar kolam taman dan tidak diketemukan tubuhnya , harus hidup dengan ayah tirinya , Luke , yang merupakan seorang peternak babi dan selalu menganggapnya tidak ada , dan adiknya , Ethan , yang selalu berbicara mengenai monster-monster di kamar tidur .

Semua terasa terjadi begitu cepat . Pada ulang tahunnya yang ke-16 , Scott , orang yang ia taksir selama ini , mempermalukannya di depan seluruh siswa di sekolah . Meghan merasa malu , marah .. semua bercampur aduk dalam dirinya . Hingga sahabatnya , Robbie , datang menghiburnya sepulang sekolah .

Malam itu , ketika Robbie berjanji datang untuk merayakan ulang tahun Meghan dengan minum whiski , sebuah kejanggalan terjadi . Ibu Meghan terkapar di lantai , berlinangan darah dengan Ethan disampingnya . Terpeleset . Begitu kata Ethan . Semuanya mendadak berubah . Ethan , adiknya yang berumur 4 tahun , menjadi sangat buas dan ganas . Keajaiban terjadi dan semuanya terungkap ..

Singkat cerita , Robbie menjelaskan semuanya . Bahwa ia seorang fey bernama Robin Goodfellow , sebuah tokoh legenda yang nyata dari cerita A Midsummer Night’s Dream milik Shakespeare yang ditugaskan oleh Raja Oberon untuk menjaga Meghan dan selalu mengawasinya . Bahwa Ethan yang asli diculik dan ditukar oleh seorang changeling . Bahwa ada sebuah dunia bernama Nevernever yang hanya akan bertahan selama imajinasi dan khayalan mortal tetap ada menantinya ..

Petualangan dimulai . Dengan tujuan awal mencari Ethan , Meghan harus menghadapi berbagai macam rintangan . Bertemu Raja Oberon , penguasa Kerajaan Musim Panas yang mengakuinya sebagai anak .. Ratu Titania , orang yang membenci Meghan dengan berbagai alasan .. Grimalkin , kucing ajaib yang dapat berbicara .. dan Ash , pangeran tampan yang mampu memikat hati Meghan walaupun ia adalah Pangeran Musim Dingin , musuh bebuyutan Kerajan Musim Panas .

Berada dalam tengah peperangan , berjuang mencari Ethan walaupun ia harus mengikat janji-janji kepada para faery , dan kehilangan orang yang ia sayangi .. itulah yang harus ia hadapi ..

Wow . Luar biasa penuh imajinasi ! Julie Kagawa , membawakan ceritanya dengan sangat terampil , menyambungkan ceritanya dengan salah satu kisah sastrawan Inggris Shakespeare yang berjudul A Midsummer Night’s Dream . Memberinya sentuhan magis yang lebih menghidupkan khayalan . Ia juga mampu mencampurkan sifat-sifat tokoh dari cerita lain dengan sesuai dan terkesan copast , seperti Ratu Mad , yang dalam cerita ini seorang ratu es , dimana mengingatkanku pada Jadis , tokoh ratu es pada cerita Narnia . Tapi ini HEBAT !

Kuakui , ini novel dengan imajinasi yang sangat tinggi , dengan cara mendeskripsikan lingkungan sekitar dengan indah . Juga memadukan seberapa pentingnya kepercayaan mortal pada immortal yang selalu dianggap khayalan . Cukup indah dibaca untuk mengobati kerinduan pecinta buku fantasi pada cerita fantasi yang penuh khayalan . Buku yang kutemui ini , terusterang saja , pada awalnya kurasa membosankan dengan penggambaran lingkungan sekitar yang benar-benar mendetail , tetapi pada tengah-tengah dan akhir-akhirnya benar-benar penuh aksi dan mendebarkan . Buku ini mengandung banyak pelajaran moral , kurasa . Mengajarkan bagaimana kita seharusnya berkorban demi orang yang kita cintai , berfikir dulu sebelum bertindak , dan .. harus tau balas budi .

Judul : The Iron King
Pengarang : Julie Kagawa
Penerbit : Kubika Penerbit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s